Profil

Departemen Biostatistik, Epidemiologi dan Kesehatan Populasi (BEKP) merupakan suatu bidang ilmu yang menggunakan pendekatan interdisipliner, yang bertujuan untuk memahami, mempertahankan, dan meningkatkan kesehatan populasi manusia dan individu melalui pendidikan, penelitian, dan pemberian layanan dari perspektif berbasis populasi. Ilmu inti dari departemen ini berfokus pada tiga disiplin ilmu, yaitu: Biostatistik, Epidemiologi, dan Kesehatan Populasi.

Departemen Biostatistik, Epidemiologi dan Kesehatan Populasi ingin mempromosikan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia, yang berada di komunitas, kabupaten, provinsi, dan nasional. Hal ini bertujuan untuk mencapai tingkat status kesehatan yang sebanding dengan negara-negara maju melalui penguatan produktivitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Departemen ini bekerja sama dengan semua kementerian, organisasi non-pemerintah, lembaga swasta dan masyarakat untuk memperluas layanan publik untuk semua Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Kerjasama yang dilakukan menggunakan prinsip-prinsip keadilan sosial, tindakan berbasis bukti, bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan kesehatan. Program kesehatan masyarakat dan penelitian yang termasuk di dalam Departemen ini meliputi (1). mengembangkan bantuan teknis bagi masyarakat dalam pengendalian penyakit menular dan tidak menular, kesehatan reproduksi, gizi kesehatan masyarakat, dan sistem informatika kesehatan masyarakat untuk memantau status kesehatan, (2). menghasilkan penelitian multidisiplin, melibatkan siswa dan mitra di luar universitas, bahwa kekhawatiran masalah kesehatan masyarakat kelompok rentan, (3). bekerja sama dalam melakukan penelitian kesehatan masyarakat dengan berbagai lembaga internasional, dan (4) menyebarluaskan hasil penelitian dalam seminar dan publikasi ilmiah di tingkat nasional dan tingkat internasional.

Sejarah Departemen

Bidang ilmu Biostatistika, Epidemiologi dan Kesehatan populasi mulai dipertimbangkan dalam lingkup keilmuan Fakultas Kedokteran sejak tahun 1980an ketika Ilmu Kesehatan Masyarakat semakin berkembang. Pada periode tersebut pengembangan staf merupakan fokus utama sehingga semakin banyak staf yang mempelajari Ilmu Kesehatan Masyarakat dan ilmu-ilmu pendukungnya. Pada periode tahun 1990an seiring dengan semakin banyaknya staf yang memperoleh pendidikan doktor yang memperdalam keilmuan Kesehatan Masyarakat yang beragam, menciptakan kesempatan besar untuk berkembangnya ilmu-ilmu pendukung termasuk Epidemiologi, Biostatistika dan Kesehatan Populasi. Pada era tersebut didirikan program pendidikan lanjutan untuk Epidemiologi Lapangan dan diikuti dengan bidang Gizi Kesehatan dan Kesehatan ibu Anak – Kesehatan Reproduksi. Dengan adanya perkembangan yang pesat tersebut diputuskan untuk mendirikan Departemen Biostatistika, Epidemiologi dan Kesehatan Populasi.

Keunggulan Departemen

  1. Kurikulum inti telah mengikuti pedoman Association of School of Public Health
  2. Akreditasi A BAN PT
  3. Sertifikasi Internasional AUN-QA
  4. Berkesempatan mengikuti Konferensi di Luar Negeri
  5. Outcome based Education

 

Struktur Departemen

Ketua Departemen : dr. Ifta Choiriyyah, MSPH, Ph.D

Prof. dr. Siswanto Agus Wilopo, SU, MSc, ScD
Dr. dr. Mubasysyir Hasanbasri, MA
Dr.rer.nat.dr. BJ. Istiti Kandarina
Dr. Drs. Abdul Wahab, MPH
Dr. dr. Prima Dhewi, M.Biotech
dr. Ifta Choiriyyah, MSPH, Ph.D
dr. Citra Indriani, MPH
Anis Fuad, S.Ked, DEA
Lastdes Cristiany Friday Sihombing, S.Gz, MPH
dr. Rosalia Kurniawati Harisaputra
Bayu Satria Wirataman, S.Ked, MPH
Digna Niken Purwaningrum, S.Gz, MPH, Ph.D

 

Kontak Departemen

Gedung IKM Lt. 1
Farmako, Sekip Utara, Yogyakarta, 55281

Nomor Telpon : 0274 – 548156
Email : dep-beph.fk@ugm.ac.id
Website : https://beph.fk.ugm.ac.id